Rumah Makan House Of Raminten, salah satu Ikon Kuliner Jogja

Melawat ke kota Yogyakarta untuk melakukan rekreasi, tidak ada salahnya mengunjungi Salah satu rumah makan yang cukup terkenal di seluruh Kota Jogja dan rumah makan adalah Rumah Makan House of Raminten, salah satu tempat nongkrong remaja di kota pelajar ini laris manis. Karena harga yang di berikan sangat murah dan cocok dikantong pelajar maupun mahasiswa.

Letak rumah makan House of Raminten ini dulunya hanya di jalan FM Noto No 7 Kota Baru, tetapi kini House Of Raminten telah membuka 2 cabang lagi yaitu di jalan Magelan dan jalan Kaliurang atas. Namun yang paling jadi sorotan adalah yang terdapat di jalan FM Noto no 7 Kotabaru, Jogja.

Rumah makan ini mengusung desain interior ruangan bernuansa khas Jawa, yang mana didalam nya terdapat alunan musik gamelan, dan bau khas dupa sebagai ciri khas dari rumah makan House of Raminten. Saat anda akan memasuki rumah makan ini akan terdapat banner yang cukup unik, yaitu gambar ibu-ibu tua yang mengenakan pakaian khas Jawa dan kacamata yang di simpan di atas hidung serta tak lupa konde hitam yang biasanya digunakan saat ada acara adat.

Selain memiliki ciri khas yang di sebutkan diatas, terdapat menu makanan yang harganya cukup miring dan sangat digemari oleh kalangan remaja. Tidak hanya murah tetapi terkenal dengan kenikmatan kuladapan khas Jawa.

Menu Makanan dan Minuman House Of Raminten

Menu sajian makanan yang di sediakan di rumah makan House of Raminten ini di dominasi oleh kuliner khas Jawa, seperti Sate telur puyuh, sate usus, nasi kucing dan banyak lagi. Berikut daftar menu makanan yang paling di sukai oleh pengunjung adalah:

1. Nasi Liwet

Menu makanan ini adalah makanan terfavorit pengunjung khususnya remaja dan juga mahasiswa yang senang berkumpul disini, sering kali pemesan kehabisan nasi liwet karena makanan ini sangat nikmat dan juga murah.

Nasi Liwet ini terdiri dari nasi yang gurih dipadukan dengan lauk suwiran ayam, telur, sayuran jipan dan sambal yang khas membuat panganan ini cukup digemari oleh banyak kalangan, sekilas makanan ini cukup sedikit namun rasanya yang nikmat membuat anda ketagihan untuk kembali ke House of Raminten.

Harga dari nasi liwet ini hanya Rp. 3,000 saja sangat murah sekali bukan?

2. Nasi Kucing Pakte Double

Selain nasi liwet, makanan alternatif yang menjadi favorit semua kalangan pengunjung adalah nasi kucing pakte double, sedikit unik namanya dengan kata “pakte”, saya tidak salah menulis menjadi paket tetapi kata “pakte” ini merupakan singkatan yaitu pakai telur, dan ada satu lagi yaitu Nasi Kucing Tante Double. Kata “tante” ini adalah singkatan dari tanpa telur.

Cukup unik memang namanya, Nasi kucing ini terdiri dari nasi putih yang “double” ditambah dengan lauk pauk yang sangat beragam mulai dari sayuran, ikan teri, sambel, telur dll. Harga yang di tawarkan untuk se porsi nasi kucing ini cukup murah hanya Rp. 4,000 per porsi. Panganan ini sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati panganan yang cukup murah dengan porsi yang cukup banyak

3. Ayam Koteka

Menu lainnya datang dari Ayam Koteka, namanya cukup unik dan mengingatkan kita pada sebuah pakaian tradisi khas Papua, namun anda tidak perlu membayangkan koteka tersebut karena makanan ini hanya menggunakan nama sebagai symbol dari alat yang digunakan untuk menyajikan menu makananan ini.

Alat untuk menyajikan ayam koteka menggunakan bambu, dan ayam koteka ini terdiri dari ayam cincang yang di campur dengan telur kemudian disajikan diatas bambu kecil. Harga yang di tawarkan cukup murah yaitu Rp. 10,000 untuk sebuah menu teman makan nasi yang telah dipesan.

4. Minuman Es Kelapa Muda Jumbo

Setelah memesan makanan tidak lengkap rasanya bila tanpa minuman, menu minuman favorit pengunjung adalah Es Kepala Muda Jumbo, nama jumbo ini diambil dari gelas yang digunakan berukuran jumbo atau besar, tidak seperti gelas pada umumnya. Harga untuk satu gelas minuman es kelapa muda jumbo adalah Rp. 14,000.

Bagaimana anda tertarik mencobanya? Silahkan coba datang langsung ke tempat House of Raminten. Perlu di ingat jika mengunjungi pada hari libur biasanya sangat penuh sehingga anda mungkin tidak akan mendapatkan meja. Namun tidak perlu khawatir, pelayanan disini sangat cepat dan terorganisir, sehingga anda bisa mendapatkan tempat duduk jika mau menunggu.

Sebaiknya jika anda memiliki waktu luang di jam kerja maka itu adalah kesempatan anda. Rumah makan House of Raminten ini buka 24 Jam setiap hari.

Author: admin-wj

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *